You Are Reading

3

Perbandingan FACEBOOK DAN TWITTER

Unknown Selasa, 11 September 2012





JAKARTA: Persaingan situs jejaring sosial makin sengit saja. Dua raksasa di dunia maya saat ini, Facebook dan Twitter, saling berhadap-hadapan untuk menjadi raja dunia maya.
Facebook memang sudah terlanjur diopinikan menjadi raksasa. Tetapi dalam 1-2 tahun terakhir ini, pertumbuhannya makin melambat. Twitter juga bernasib sama, hanya bedanya penggunanya masih tumbuh lebih tinggi. (Ilustrasi logo: trggradio.org)
Peoplemeetme mengungkapkan laporan eMarketer, selama tahun lalu pertumbuhan jumlah pengguna Twitter mencapai 31,9%, sementara Facebook hanya 13,4%. Ini adalah kebalikan dari 2010 saat Facebook memimpin dengan 38,6% dan Twitter hanya 23,5%.
Jadi menurut eMarketer, tahun lalu menandakan kebangkitan microblogging 140 karakter dan menjadi rekor perdana Twitter melewati Facebook. Hal tersebut membuktikan bahwa Twitter terus tumbuh 3-4 kali lebih cepat ketimbang Facebook.
eMarketer menulis, Facebook sedang stagnan dan belum bisa berbuat sesuatu, sementara jumlah pengguna Twitter per bulan akan terus meningkat menjadi 37,6 juta di akhir 2014.
Jumlah pengguna Twitter yang lebih kecil menjadi salah satu faktor kenapa mereka bisa terus berkembang. Facebook sendiri sudah mencapai puncak dengan jumlah user mencapai 133 juta hanya di AS pada akhir 2011 dan jumlah tersebut akan mencapai 150 juta di 2014.
Sebagai perbandingan, Twitter hanya memiliki 24 juta user di AS. Jadi antara 2010 hingga 2013 eMarketer memprediksi jumlahnya akan mencapai 37,6 juta di Amerika Serikat.
Tentunya, prediksi tersebut hanya terkait dengan jumlah rata-rata pertumbuhan Twitter yang memimpin di depan Facebook. Jika berbicara tentang jumlah pengguna aktif per bulan, tentu saja Facebook masih rajanya. (Peoplemeetme/Yusran Yunus)

Sumber yang terpercaya 

3 komentar:

Najla mengatakan...

ooo jadi gitu ya.. makasih ya infonya.. :)

Unknown mengatakan...

masama ....! salam kenal ja ni blog punya abbas
sering berkunjung y ....?

Anonim mengatakan...

Boleh minta situs sumber/page sumber nya?

Posting Komentar